Selasa, 29 Maret 2011

Udah Malam

Diposting oleh Itha Karla di 07.49
Reaksi: 
5 komentar
Hmmm seandainya ini terjadi waktu dulu pasti lain ceritanya.... sekarang masih suka juga sih.... tapiiiiiiiiiiii................... ahhhh jadi ngantuk.... bobo ahhhhhhhh.....ikannya juga dah bobo

Minggu, 27 Maret 2011

Masih Pagi

Diposting oleh Itha Karla di 15.15
Reaksi: 
4 komentar
ngblog di pagi hari, dikala badan masih pegel-pegel gara2 jalan2 seharian kemaren dan mentari masih bersinar suam-suam kukuh buatku sadar untuk segera bergegas... masih nyempetin ngblog juga... pastinya dengan arwah yang belum terkumpul utuh jadi agak ngawur... bukannya ada yang mendadak penting... tapi ada yang perlu dikeluarkan saja... sedikit beban yang kiranya raib dengan tulisan di lembaran maya ini....beban abstrak... agar hari ini bisa menemukan arti yang baru...


selamat pagi,

Jumat, 25 Maret 2011

Diposting oleh Itha Karla di 03.29
Reaksi: 
3 komentar
Hari ini hari ke dua masuk kerja di sana
baru ngerasain gimana rasanya kerja di lembaga pemerintah....
bener2 beda ya dengan yang di swasta yang kerjanya "bener2" kerja...
kalo yang udah terbiasa di swasta pasti bakal ngerasa santai banget pas kerja di pemerintahan
kalo aku pribadi yang dulunya dikejar2 kerjaan yang menumpuk jadi yang ngejar2 kerjaan biar ada kerjaan
Positifnya kerjanya jadi santai dan gak terburu-buru, banyak waktu yang bisa digunakan untuk hal2 lainnya
Negatifnya aku jadi kayak orang linglung plus bego2 dikit karena ga tau apalagi yang harus dikerjain
akhirnya kerjaan baca majalahlah yang terpilih untuk menutupi kelinglungan dan tampang bego yang sedari tadi melandaku itu....

Terlepas dari itu, ku sungguh bersyukur karena kesempatan-Nya untukku bisa bekarya lagi...
membuatku terpejam dan berbisik...

"Terima kasih Tuhan"

Kamis, 24 Maret 2011

Amislo

Diposting oleh Itha Karla di 07.41
Reaksi: 
3 komentar
Abis jalan-jalan ke blog orang jadi kangen pacar.
Pasalnya tuh blog romantis abis.... Kata2nya bikin iri n jd kebelet pngen dipuisiin ma pcar... Hmm pdhal tadi siang sempet sebel bgt ma tuh orang gra2 ke brngkt jauh2 nih malam bilanlgnya br tadi siang.... gak niat banget kan bilangnya..... katanya karena ada alasan2 tertentu yang ga etis dibahas disini.... masih sebel sih... tapi jd kangen juga.... semoga dirinya tiba dengan selamat......
sedihnya harus puasa nelpon sampe akhir bulan.... amislo :(

Cinta dan Bukti Adalah Harga Mati

Diposting oleh Itha Karla di 03.18
Reaksi: 
3 komentar


Seandainya ada cinta yang sempurna...
tanpa sakit hati, tanpa curiga, tanpa benci.....
tanpa ingkar, tanpa keegoisan, tanpa dusta...
Tak ada hati yang terlalu rapuh tuk terluka....


Bisakah ku percaya cinta seutuhnya?


sebenarnya kata-kata tentang cinta yang membutuhkan kepercayaan terdengar garing


Cinta tak dapat dibeli dengan kepercayaan
karena keegoisan manusia mempergunakan kepercayaan sebagai tameng untuk membela diri dikala cinta itu dibutakan oleh keinginan liar


Cinta itu abstrak
seperti angin yang tak terlihat tapi bisa dirasakan
seperti air yang terlihat namun tak bisa dipaksa tergenggam
tapi itu tidak melulu tentang rasa
tapi BUKTI
Bukti yang tercipta oleh rasa


Banyak yang tak bisa mengelak mengatakan Yesus mengasihi manusia ketika Dia terbukti mati tanpa salah untuk keselamatan manusia


Tak ada cinta tak ada bukti
Tak ada bukti tak ada cinta
Cinta dan Bukti adalah harga mati


Cinta perlu bukti
bukti dari hati yang hanya bisa dimengerti oleh hati



Minggu, 20 Maret 2011

Cinta Takkan Kemana Mana

Diposting oleh Itha Karla di 05.16
Reaksi: 
3 komentar

Kemarin ketemu pujaan hati di masa lalu. Sosok yang selalu menghiasi lembaran diariku dulu. Lama juga ngefansnya skitar 4 tahun lebih. Ajaibnya selama waktu yang panjangnya lumayan itu ga ada tanda-tanda yang signifikan bahwa dirinya mengetahui keberadaan perasaan diriku (kayaknya sih, maybe....) Ternyata aku penyimpan rahasia yang oke (paling tidak untuk diriku)

Setelah bertahun-tahun berlalu ternyata oh ternyata diriku diberi kesempatan untuk bersua di suatu kesempatan yang indah. Ternyata perasaan yang lama terkubur belum sempat naik ke sorga. Masih aja bangkit. 

Deg degan persis waktu yang dulu. Ternyata masih ada yang belum berubah. Kengarepanku. Tapi ada yang telah berubah. Dirinya sudah ada monyetnya. Sama donk. Nasib ya nasib...

Susahnya punya pujaan hati yang banyak digemari, membuat jalan terlihat buntu dan nyali mendadak ciut, hati cenat cenut, harap harap cemas semoga dirinya tak dilirik lebih banyak hawa yang berparas indah. 

Tapi itu dulu. Sekarang aku berjalan di jalurku. Dimana sebenarnya harus kuberpijak. 
Tak mengejar lagi angan-angan keindahan dirinya. Dan mensyukuri anugerah yang telah diberikan kepadaku.

Bukankah Tuhan selalu menyediakan yang terbaik? Mungkin ini yang terbaik saat ini.

Kata Petra "Cinta tak kan kemana-mana"
Percaya deh :)



Nyanyi gaya Petra :
 Memang kita t’lah jauh rasanya
Memang kita sudah tak bersama
Jika memang kita ditakdirkan
‘Tuk bersama s’lamanya
Cinta takkan kemana-mana







Jumat, 18 Maret 2011

Iseng Nulis Ajah

Diposting oleh Itha Karla di 08.09
Reaksi: 
0 komentar
Bis ibadah di rumah... lumayan cape jg tadi siap2 buat makan-makannya...
Tadi cerita-cerita buat persiapan jalan-jalan besok ke pantai Likupang. Kata teman2 pantainya bagus jadi ikut aja besok (awas aja kalo ga bagus !!!! ). Jam tujuh pagi.... kira-kira bisa sadar gak ya jam segitu. Biasanya sih irama hidupku membangunkanku pada jan setengah 7 pagi. Tapi siap2nya itu lho. Bisa sejaman (1 jam an y bukan sezaman... :p ). Harus bobo cepat nich....

Boboho dulu yeaa....
n ada ritual sebelum tidur yang yang harus dibikin nich....
see yaa....
met bobo semuanya :D

Rabu, 16 Maret 2011

Masih Ada Sahabat Yang Setia

Diposting oleh Itha Karla di 17.54
Reaksi: 
2 komentar
Beberapa hari yang lalu aku diperhadapkan dengan berita duka lagi. Berita yang sangat mengejutkan dan membutku sempat berpikir hidup ini tidak terlalu adil. Ayah almarhumah temanku meninggal. Ya...ayah dari temanku yang meninggal tiga tahun lalu. Sedikit tentang temanku, dia gadis yang sangat baik dan pintar baik dalam pengetahuan maupun caranya bergaul. Teman-temannya banyak. Bahkan sampai saat ini kami masih mengenangnya di saat sedang ngumpul bareng dan teringat kebiasaan-kebiasaannya. Namanya Christi. Dia anak tunggal. Anak satu-satunya yang begitu disayang orang tuanya namun tak mambuatnya manja dan hidup dalam kefoya-foyaan. Sangat sayang kepada orang tuannya. Sangat akrab. Begitu juga untuk teman-temannya. Dia trsenyum, bersemangat, dan penuh canda dan tawa. Ketika dia meninggal begitu banyak orang yang berduka. Tak hanya tangisan keluargannya yang menghantarnya pergi, tapi tangisan kami, tangisan teman-temannya yang lain, dan yang lain lagi. Kista, liver....... entahlah apa yang menyebabkan begitu cepat dia dipanggil. Namun hal yang pasti Tuhan mengasihinya dan ingin dekat dengannya.

 waktu Bilble Camp di Tompaso
(Dari kiri ke kanan : Chilay, Christi, Aku, Iren, Michi, April, Echa, Sisca)



Pernahkah kau merasakan kesedihan saat ditinggalkan sahabat baik yang dianugerahkan Tuhan di tengah-tengahmu? Pedih... itu yang kami rasakan. Namun itu tak sebanding dengan kepedihan luar biasa yang dirasakan orang tuanya. Sejak kejadian itu mereka hidup dalam kesedihan. Awalnya kami sering mengunjungi mereka. Menghibur atau sekadar menemani mendengarkan kesesakan hati mereka. Kehilangan yang sungguh luar biasa. Yang jika ku pikir kalau ada di posisi itu dapatkah aku menguatkan diri... tahun lalu mereka pindah rumah ke kompleks sebelah tak jauh dari rumah kami dan tempat tinggalnya yang dulu. Mereka ingin memulai hidup baru dan melupakan kepedihan. Mereka tak tahan akan kenangan-kenangan yang ada di rumah itu, bahkan di kompleks kami. Terlalu banyak kenangan indah di rumah itu, dan juga kenangan-kenangan bersama kami. Bahkan ketika melihat kami, aku bisa melihat kedua pasang mata itu menahan kesedihan yang mendalam walaupun sudah berusaha untuk tersenyum. Mereka ayah dan ibu yang berusaha kuat, karena tak mau anaknya di atas sana sedih melihat mereka terus menangis.

Sekitar setahun mereka pindah, dan beberapa hari yang lalu aku mendengar kabar bahwa ayah Christi meninggal. Sangat sedih rasanya. Sebenarnya sejak kepergian temanku itu mereka belum bisa melupakan kesedihan itu. Om Itje (ayah temanku) jadi sakit-sakitan karena kesedihannya. Sementara tante Djein (ibu temanku) begitu sedih namun terus berusaha tegar dan saling menghibur. Betapa berat yang harus mereka alami. Dan kini, tante Djein harus sendiri. Temannya berbagi harus pergi selamanya menemani Christi disana.

Tak bisa kubayangkan kepedihan yang dia rasakan. Pasti sangat menyayat hati.  Saat menjabat tanganya malam itu, dengan penuh tangisan dia mengulurkan tangannya yang lunglai dan lemah seakan pasrah kepada keadaan. Dia menyebut nama Christi ketika melihat kami. Betapa bodohnya, kata-kata penghiburan yang telah kurangkai untuk kuucapkan seakan mentok di ujung lidah namun tak terucap. Aku memeluknya, dan hatiku yang berbicara mengucapkan betapa aku sangat berduka untukknya. Untuk kesedihan luar biasa yang dia alami. Bahwa aku mengasihinya. Terlebih Tuhan yang mengizinkan itu terjadi. Bahwa jika dia memerlukanku aku ada. Aku merasakan sebagian kecil dari pedihnya yang begitu besar. Saat berlalu dari hadapannya tenggorokanku bagai tercekat. Sebagian karena kematian itu, namun bagian yang lebih besar lagi karena kesedihan tante Djein yang diijinkan Tuhan untuk ditambahkan kedalam hatinya.

Aku sempat berpikir apakah Tuhan adil melakukan itu kepada seseorang yang sudah luar biasa sedih dengan kepergian anak tunggalnya, dan kini memanggil satu-satunya orang yang hidup bersamannya tempat dia membagi kesedihannya? Aku manusia, dan aku merasa ini tak adil. Namun aku sadar rencana Tuhan adalah yang terbaik walau dianggap salah oleh manusia.

Seperti Ayub yang begitu setia kepada Tuhan namun diberi ujian yang bertubi-tubi. Bahkan semua kesehatan, keluarga, sahabat, kekayaan diambil dari padanya. Namun dia tak meninggalkan Tuhan di tengah kesesakanya. Dia berdoa dan tetap dekat pada Tuhan. Tuhan juga tidak meninggalkannya Dia memuliakan Ayub, mengganti semua yang telah hilang dari padanya dengan berkali-kali lipat dari yang sebelumnya bahkan sukacita yang melimpah.

Itulah yang kudoakan, Tuhan memberikan tante Djein kekuatan, ketabahan dan penghiburan untuk terus berjuang menjalani hidupnya. Dan jika ada yang bisa kulakukan utuknya berikan aku kesempatan melakukannya. Tuhan memiliki rancangan terbaik untuknya dan pada saatnya akan memberikan sukacita yang berlimpah di hidupnya. Karena Dia sumber penghiburan sejati. Sahabat sejati yang tak pernah bosan mendengar curhatan sahabat-sahabatnya. Bahkan memberikan jalan keluar yang terbaik.


What a friend we have in Jesus, All our sins and griefts to bear
What a privilege to carry, Everything to God in prayer
Oh what a peace we often forfeit, Oh what needless pain we bear,
All because we do not carry, Everything to God in prayer

Have we trials and tempations? Is there trouble anywhere?
We should never be discouraged! Take it to the Lord in prayer
Can we find a friend so faithful, Who will all our sorrows share?
Jesus know our every weakness, Take it to The Lord in prayer

Are we weak and heavy laden, Cumbered with a load of care?
Precious Saviour, still our Refuge, Take it to the Lord in prayer
In His arms He’ll take and shield thee, Thou wilt find a solace there

Sperti dalam lagu tadi. Tuhan adalah sahabat dekat dan akrab yang selalu mempunyai waktu untuk duduk dengan tenang dan mendengarkan isi hati kita dengan penuh pengertian. Yesus adalah sahabat yang sejati yang tak ada bandingannya. Ketika orang-orang yang kita cintai pergi, tak ada lagi tempat berbagi, Yesus justru mendekati kita, siap mendengar keluh kesah kita. Karena itu tak sia-sia jika kita berbicara kepada Yesus. Dialah sahabat sesungguhnya. Serahkan pada-Nya segala beban yang menindih hidupmu. Dia akan ganti segala duka menjadi sukacita.


 


Jumat, 11 Maret 2011

Ngeblogs VS Ngenotes

Diposting oleh Itha Karla di 08.31
Reaksi: 
4 komentar

Ada suatu hal yang mengusik pikiranku. Beberapa waktu yang lalu aku terlibat perdebatan dengan sahabatku, yang menjurus ke agak kesal, mengenai alasan kenapa aku menulis di blog. Dia berkata menurutnya lebih baik menulis notes di facebook ketimbang menulis blog, selain gak ribet bikin-bikin blog juga bisa dibaca teman-teman. Saat itu aku menjawab. Aku ingin menulis blok karena aku ingin menulis dan tak ingin tulisanku dibaca secara umum oleh teman-teman dekatku (atau yang kenal aku) di facebook. Dan aku berkata aku ingin menulis untuk diriku sendiri dan berbagi kepada yang membacanya. Aku tak menulis untuk menjadi dikenal atau pun populer. Itu bukan tujuanku. Dia pun bertanya kenapa aku memposting blog dan aku mensharenya ke facebook kalo aku gak ingin teman-teman facebook ku membacanya. Bukankah lebih baik aku menulisnya di notes fb? Dan bla bla bla lainnya... Lumayan sebel juga sih soalnya kalo berdebat dengannya kayak ga ada habisnya. Orangnya lumayan pintar kalo soal debat berdebat. Sementara aku tipe yang malas banget mengeluarkan n memperthankan pendapat kalo sedang berdebat. Intinya gak bakal nyampe. So, abis kejadian itu, setibanya aku di rumah, kubuka laptopku dan langsung memainkan jari-jariku. Sebenarnya beginilah cara aku berpendapat.


Ok, langsung saja. Niatku menulis saat ini adalah untuk mengeluarkan pendapatku yang sempat mengusikku selama beberapa menit setelah percakapan itu. Pertanyaan tentang kenapa aku membuat dan menulis di blog ketimbang di fb, mengapa aku mempublikasikannya di fb kalo aku gak niat dibaca orang (teman-temanku).


Tentang kenapa aku membuat dan menulis di blog ketimbang di fb. Aku ingin menulis saja. Aku merasa lebih bebas berekspresi di sini ketimbang di fb yang notabene teman-temanku semua disana. Yang ada kalanya kurasa sangking dekatnya kita seakan-akan semua yang kita alami harus saling mengetahui. Padahal setiap orang butuh ruang, dimana dia bisa mengenal dirinya tanpa pandangan orang yang terbiasa menilainya. Butuh ruang untuk mengenal diri sendiri. Karena ada kalanya, image yang melekat pada diri kita sejak kita kecil sering salah. Mungkin ada sesuatu yang ada dalam diri kita yang tak terekspose sejak kecil. Tiap orang berubah oleh pembaharuan fisik, lingkungan, keadaan dan budinya. Orang yang hidup di tengah-tengah keluarga yang tak baik mungkin di cap tidak baik, tapi bisa saja di dalam pribadinya terdapat kebaikan yang tak diketahui orang di sekitarnya. Orang yang biasa kita lihat tegar mungkin kita anggap selalu tegar, tapi sebenarnya di dalamnya rapuh. Orang yang selalu terlihat bodoh, tapi sebenarnya ada suatu kemampuan yang bisa saja kita tak punya. Dan akhirnya, bagi orang-orang yang telah terbiasa bertumbuh seiring dengan mereka akan merasa citra yang telah melekat itu tak bisa diubah. Apapun yang mereka tampakkan. Dan bagi orang-orang itu mereka akan terus seperti itu. Menurutku setiap manusia memiliki sesuatu yang berbeda dari citranya yang hanya bisa dilihat oleh orang yang “benar-benar lain”. Alasan pertamaku : Dilihat dari sudut pandang lain sepertinya menyenangkan. Sebagai sisi lain dari diri namun tetap bagian dari diri itu. Seperti satu koin yang mempunyai dua permukaan.


Bisa belajar dan berkarya. Membuat blog membuatku lebih sering berpikir. Ternyata hal-hal kecil yang kita alami selama ini memiliki makna di tiap kejadianya. Hanya saja terkadang kita terlalu malas untuk mengingat dan merenungkannya. Dan ternyata hal-hal tersebut bisa menjadi pelajaran kecil yang memberi dampak yang besar. Dengan menulis kita berbagi. Namun kalaupun tak ada yang akan membaca tulisanku, aku senang telah mengabadikan pikiran dan isi hatiku dalam tiap tulisan. Sekalipun tak ada yang akan membacannya, aku akan menulis untuk diriku sendiri. Karena sebnarnya ketika ku membacanya lagi aku memperkenalkan kembali diriku, pemikiran dan karya hatiku kepada diriku sendiri. Dan itu rasanya menyenangkan. Mengenal diriku dari pandanganku.


Sahabatku bertanya, kalau ingin menulis untuk diri sendiri kenapa harus di blog? Bukankah semua orang bisa membacanya? Hatiku menjawab : aku ingin membagi karyaku kepada diriku dan kepada orang lain. Senang rasanya bisa berbagi.


Tentang ini bukan masalah popularitas. Seperti jawaban sebelumnya aku menulis untuk diriku dan syukur kalo ada orang yang mau membaca tulisanku. Itu bonus plusnya. . apalagi kalo itu berguna. Hanya ingin berkarya. Mengeluarkan pemikiran dan uneg-uneg sungguh melegakan hati. Ini pasti juga dialami tiap orang dengan cara apapun. Terkadang dengan didengarkan atau dituliskan sudah cukup meringankan beban.


Kenapa di share di fb kalo tak mau dibaca teman-teman fb? Aku menshare lagu-lagu, tips dan lain-lain yang kuanggap menarik. Kembali ke alasan di atas, aku ingin berbagi. Tentu saja kepada mereka yang ingin dibagi dan memerlukan. Kalo gak mau tinggal di skip aja (tenang aja, bukan bacaan wajib kok..hehe :D) Dan kalopun ada yang membacanya, silahkan... Semoga bisa berguna :D


Alasan berikutnya. Di blog ngocehnya bisa lebih panjang dibanding notes. Enak cuap-cuapnya. Apa yang di tulis terserah asal gak melanggar norma-norma yang berlaku. Gak terekpose sefulgar fb jg. Dan yang di share cuma yang pengen dishare aja. Selain itu bisa baca tulisan-tulisan bermutu yang di post teman-teman di blog. Bisa curcol juga tanpa terekspose luar biasa kayak di fb :D. Pokoknya Nulis blog bikin plong. Dan alasan terakhir... blog blog gue, notes notes gw... suka-suka donk mau diapain...hehehehe :D


Itulah alasan yang terpikir sekarang, kalo ada yang lain nanti nyusul. Hehe... moga gak bosan bacanya. Soalnya skalian curcol nich hehehe... en buat sahabatku itu... jangan disambung lagi ya debatnya... kalo masih ganjel baca aja lagi... tapi biasanya sih dia dah happy kalo ngerasa menang. Jadi diam-diam aja... oi tho Gen... Piss :D


N buat para bloger : tetap semangat melahirkan karya ya :D


Aiihhh akhinya plong juga... ayo mau coment apa... mari :D

Kamis, 10 Maret 2011

Avril Lavigne - What The Hell

Diposting oleh Itha Karla di 16.28
Reaksi: 
0 komentar



You say that I'm messing with your head (yeah, yeah, yeah, yeah)
All 'cause I was making out with your friends (yeah, yeah, yeah, yeah)
Love hurts whether it's right or wrong (yeah, yeah, yeah, yeah)
I can't stop 'cause I'm having too much fun (yeah, yeah, yeah, yeah)

You're on your knees
Begging please
Stay with me
But honestly
I just need to be a little crazy

All my life I've been good but now, woah, I'm thinking what the hell
All I want is to mess around and I don't really care about
If you love me, if you hate me, you can't save me, baby, baby
All my life I've been good but now, whoa, what the hell

What... what... what... What the hell?

So what if I go out on a million dates (yeah, yeah, yeah, yeah)
You never call or listen to me anyway (yeah, yeah, yeah, yeah)
I rather rage than sit around and wait all day (yeah, yeah, yeah, yeah)
Don't get me wrong. I just need some time to play-ay (yeah, yeah, yeah, yeah)

You're on your knees
Begging please
Stay with me
But honestly
I just need to be a little crazy

All my life I've been good but now, I'm thinking what the hell
All I want is to mess around and I don't really care about
If you love me, if you hate me
You can't save me, baby, baby
All my life I've been good but now, whoa, what the hell

La la la la la la la la... Woah... Woah...
La la la la la la la la... Woah... Woah...

You say that I'm messing with your head
Boy, I like messing in your bed
Yeah, I am messing with your head
When I'm messing with you in bed

All my life I've been good but now, I'm thinking what the hell (what the hell)
All I want is to mess around and I don't really care about (I don't care about)
All my life I've been good but now, I'm thinking what the hell
All I want is to mess around and I don't really care about. (if you love me)
If you love me (no), if you hate me (no)
You can't save me, baby, baby (if you love me)
All my life I've been good but now, whoa, what the hell

La la, La la la la la la, La la, La la la la la la la

Rabu, 09 Maret 2011

Belajar Huruf Jepang

Diposting oleh Itha Karla di 10.00
Reaksi: 
0 komentar

Huruf Hiragana

Huruf hiragana adalah alphabet tradisional jepang, seperti inggris yang mempunyai 26 alphabet roman, Hiragana merupakan daftar suku kata, yang berarti setiap hurufnya mewakili satu suku kata atau bunyi. Yang identik dengan huruf roman adalah huruf vokalnya (A, I, U, E, O) dan huruf N. Keenamnya dapat ditulis dan ucapkan sesuai hurufnya masing-masing. Sedangkan huruf hiragana lainnya mewakili bunyi dari dua huruf atau lebih. untuk lebih jelasnya dapat dilihat dibawah ini.

(a) (i) (u) (e) (o)

(ka) (ki) (ku) (ke) (ko)

きゃ (kya) きゅ (kyu) きょ (kyo)

(sa) (shi) (su) (se) (so)

しゃ (sha) しゅ (shu) しょ (sho)

(ta) (chi) (tsu) (te) (to)

ちゃ (cha) ちゅ (chu) ちょ (cho)

(na) (ni) (nu) (ne) (no)

にゃ (nya) にゅ (nyu) にょ (nyo)

(ha) (hi) (fu) (he) ho

ひゃ (hya) ひゅ (hyu) ひょ (hyo)

(ma) (mi) (mu) (me) (mo)

みゃ (mya) みゅ (myu) みょ (myo)

(ya) (yu) (yo)

(ra) (ri) (ru) (re) (ro)

りゃ (rya) りゅ (ryu) りょ (ryo)

(wa) (wo)

(n)

(ga) (gi) (gu) (ge) (go)

ぎゃ (gya) ぎゅ (gyu) ぎょ (gyo)

(za) (ji) (zu) (ze) (zo)

じゃ (ja) じゅ (ju) じょ (jo)

(da) (ji) (zu) (de) (do)

ぢゃ (ja) ぢゅ (ju) ぢょ (jo)

(ba) (bi) (bu) (be) (bo)

びゃ (bya) びゅ (byu) びょ (byo)

*(pa) (pi) (pu) (pe) (po)

ぴゃ (pya) ぴゅ (pyu) ぴょ (pyo)

Huruf katakana

a i u e o

ka ki ku ke koキャ

kya キュ kyu キョ kyo

sa shi su se so

シャ sha シュ shu ショ sho

ta chi tsu te to

da ji zu de do

チャ cha チュ chu チョ cho

na ni nu ne no

ニャ nya ニュ nyu ニョ nyo

ha hi fu he ho

ヒャ hya ヒュ hyu ヒョ hyo

ma mi mu me mo

ミャ mya ミュ myu ミョ myo

ya yu yo

ra ri ru re ro

リャ rya リュ ryu リョ ryo

wa wo

n

ga gi gu ge go

ギャ gya ギュ gyu ギョ gyo

za ji zu ze zo

ジャ ja ジュ ju ジョ jo

ba bi bu be bo

ビャ bya ビュ byu ビョ byo

pa pi pu pe po

ピャ pya ピュ pyu ピョ pyo

Sumber :

http://id.wordpress.com/tag/belajar-bahasa-jepang-yuk/

 

Itha's True Tale Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei